April 15, 2021

LINTAS HUKUM ONLINE

Mengungkap Fakta Data yang Diulas Secara Tegas dan Transparan

KUNJUNGAN TRIPIKA TAMBUN SELATAN KE CALON KADES TERKAIT PILKADES DI MANGUN JAYA MENJELANG HARI PENCOBLOSAN 13 DESEMBER 2020

Spread the love

MLH, Bekasi.
Kunjungan Tiga Pimpinan Kecamatan (TRIPIKA) Tambun Selatan, yang dihadiri oleh Camat Tambun Selatan, Kapolsek Tambun, Danramil Tambun.
Kunjungan yang bersifat silahturahmi serta sosialisasi terkait protokol kesehatan dan deklarasi damai yang telah disepakati oleh para calon Kades.
Pada sambutannya Camat Tambun Selatan, junaefi, mengarahkan untuk melakukan protokol kesehatan dan menjaga stabilitas wilayah, “Saya sebagai Camat Tambun Selatan menghimbau kepada para calon Kades yang ikut dalam PILKADES Mangun Jaya untuk mematuhi protokol kesehatan yang baik, para calon Kades juga harus bisa mengendalikan para pendukung nya agar menjaga stabilitas wilayah”. Ujar Junaefi.
Pada kesempatan itu juga Kapolsek Tambun dan Danramil Tambun, berpesan hal yang sama untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga stabilitas keamanan wilayahnya.
Selain TRIPIKA turut hadir PJ Kades Mangun Jaya, Drs. Encep Hendra Gunawan, Ketua BPD Desa Mangun Jaya serta Panitia Pilkades Mangun Jaya.
Pada saat acara ramah tamah di calon Kades No urut 02, Team Badan Pemenangan Jayadi Said (BPJS), Surkoni, menanyakan tentang bantuan dari Pemerintah yang banyak diatasnamakan salah satu calon Kades, “Mohon izin Kepada Panitia Pilkades, tolong tegaskan kepada masyarakat bahwa bantuan yang selama ini tidak ada hubungannya dengan calon Kades, selain itu saya juga menanyakan kepada Camat Tambun Selatan bagamana jika ditemukan ke tidak netral an perangkat Desa Mangun Jaya yang berpihak ke salah satu calon, dan kepada Kapolsek saya ingin menanyakan bagaimana tindakan kita, ketika ditemukan politik uang dalam Pilkades Mangun Jaya”. Tanya Surkoni.
Tentang bantuan dari Pemerintah, pihak Pemerintah Desa tidak terlibat dalam pendataan nya, dan penyerahan nya dilakukan dengan melibatkan Karang Taruna. Jika memang ditemukan penyelewengan silahkan laporkan ke saya,” jelas Encep yang memberikan penjelasan sebagai PJ Kades.
Untuk Netralitas aparatur Desa, Camat Tambun Selatan, menjelaskan untuk melaporkan kepada PJ Kades Mangun Jaya, agar aparat yang tidak Netral dibina oleh PJ Kades. Hal ini juga dipertegas PJ Kades Mangun Jaya, Drs. Encep Hendra Gunawan, “Bahwa saya sudah menegaskan kepada aparatur Desa untuk bersikap Netral, jika ada yang bersikap tidak Netral silahkan laporkan ke saya”. Ungkap Encep sebagai komitmen.
Dengan adanya politik uang dalam Pilkades, Kapolsek Tambun AKP. Gana Yudha, menjelaskan “bahwa ada aturan tentang tindak pidana penyuapan dan tindak pidana korupsi yang diatur dalam pasal 209 KUHP serta UU Tipikor, jadi jika ditemukan Politik uang dalam Pilkades segera amankan pelaku serta barang bukti nya untuk segera diserahkan kepada pihak Berwajib” jelas Kapolsek.

(BARDAN S)