Mei 10, 2021

LINTAS HUKUM ONLINE

Mengungkap Fakta Data yang Diulas Secara Tegas dan Transparan

KUNJUNGAN PANITIA PILKADES MANGUN JAYA KEPADA CALON KADES UNTUK SOSIALISASI JUKLAK DAN JUKNIS PILKADES

Spread the love

MLH, Bekasi
Kunjungan Panitia Pilkades Desa Mangun Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kab. Bekasi. Kunjungan Panitia Pilkades kepada calon Kades pada hari Rabu 2/12 2020 dalam rangka sosialisasi Juklak dan Juknis tentang Pilkades yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2020.
Dalam penjelasannya Panitia Pilkades menjelaskan tekhnis di TPS dan persiapan saksi di TPS. Panitia Pilkades menjelaskan untuk kotak suara akan ada 1 kotak suara dengan 10 bilik suara. Kertas suara ditandatangani oleh Ketua Panitia.
Undangan pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), akan diberikan ke TPS masing masing pada H-7 untuk di distribusikan kepada pemilih yang masuk DPT.
Untuk aturan tekhnis lainnya diberikan salinan Juklak dan Juknis nya. Pada kesempatan itu team sukses dari calon Kades dengan no urut 02 Jayadi Said, mengajukan beberapa pertanyaan tentang tekhnis TPS.
“Penetapan lokasi dan anggota TPS yang ditetapkan oleh Panitia berdasarkan apa, dan ketetapannya bersifat tetap atau masih bisa berubah, karena ada beberapa TPS yang mengeluhkan ada beberapa anggota TPS yang tidak dikenal serta lokasi TPS yang kurang strategis”. ungkap salah seorang team BPJS.
Dalam jawabannya Panitia menjelaskan bahwa pembentukan TPS berdasarkan teritorial jadi ajuan yang pernah diajukan oleh para RW setempat Kami revisi, anggota KPPS ini masih bersifat fleksibel dengan mengacu ajuan dari wilayah masing masing, begitu juga dengan lokasi TPS, Kami masih menunggu usulan dari masyarakat, ungkap Mugenih salah seorang anggota Panitia Pilkades.
Pada kesempatan itu juga Calon Kades no urut 02 Jayadi Said menyampaikan agar Panitia lebih transparan dan Netral. “Saya sebagai Calon Kades Mangun Jaya dengan no urut 02, memohon kepada Panitia untuk lebih transparan serta netral, karena dengan komposisi kepanitiaan yang sudah berubah saya berharap panitia lebih menjaga ke netralan, dan untuk mencegah konsentrasi titik kumpul masa, saya juga menyarankan agar para calon tidak datang ke Desa, ungkap Jayadi Said.
Dalam Kunjungan Panitia Pilkades ini juga menginstruksikan kepada team sukses calon Kades untuk mencopot Alat Peraga Kampanye (APK), baik berupa baleho maupun poster, kecuali dirumah calon masing masing.

Bardan sahputra