Mei 10, 2021

LINTAS HUKUM ONLINE

Mengungkap Fakta Data yang Diulas Secara Tegas dan Transparan

KEGIATAN PEMERIKSAAN KESEHATAN WARGA OLEH KADER POSBINDU DI BUKIT KUALA DIDAMPINGI PERAWAT PUSKESMAS SINAR BARU

Spread the love

Sungailiat,13 -04-2021 Media Lintas Hukum Online meliput kegiatan Posbindu di Lingkungan Bukit Kuala Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka oleh Kader yang di dampingi Petugas Kesehatan Puskesmas Sinar baru.

Kepada Media Petugas Kesehatan yang mendampingi kegiatan Posbindu yaitu Fitri Perawat Puskesmas mengatakan Bahwa Posbindu adalah singkatan dari Pembinaan terpadu untuk penyakit tidak menular, sedangkan kegiatan Posbindu adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dan tindak lanjut dini faktor resiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan.


Kegiatan Posbindu ini adalah pemeriksaan fisik mulai dari darah,berat badan,tinggi badan serta tensi.

Biasanya dibukit Kuala ini dilaksanakan oleh para kader setiap Minggu kedua setiap bulannya secara berpindah -pindah tempat dan lokasinya.

kegiatan ini rutin Kami laksanakan seperti pemeriksaan gula darah,kolestrol,asam urat yang dilakukan oleh Petugas Perawat dari Puskesmas,sedangkan untuk para Kader hanya bisa membantu mencatat administrasi,ukur lingkar perut,ukur tinggi badan serta timbangan berat badan , Kata Fitri diakhir pembicaraannya kepada Media lintas Hukum Online.

Salah satu Kader Posbindu yaitu Meri yang aktif di kader Posbindu yang ada di Bukit Kuala disela kesibukan ditemui Media Lintas Hukum Online mengatakan Bahwa Kami para Kader bekerja semaksimal mungkin untuk membantu pelayanan kesehatan bukan penyakit menular dimasyarakat agar dapat di kontrol setiap bulan kesehatannya agar tetap hidup sehat. Meri selaku Kader yang mewakili teman-temannya berharap agar adanya perhatian dari Pemerintah khususnya Pemkab Bangka yang membidangi Kesehatan agar dapat memikirkan pula kesejahteraan para Kader Kesehatan seperti salah satu contoh Kader Posbindu ini. Kesejahteraan yang Kami maksud adalah meningkatkan honor kerja dan juga adanya tanggungan BPJS bagi para kader.

(Budi Triono)