September 27, 2021

LINTAS HUKUM ONLINE

Mengungkap Fakta Data yang Diulas Secara Tegas dan Transparan

TPU MANGUNJAYA MULAI PENUH SESAK PEMDA KAB. BEKASI DIHARAPKAN AMBIL KEBIJAKAN BARU

Spread the love

Bekasi, Media Lintas Hukum

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Mangunjaya, yang berlokasi di Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, mulai penuh dengan pemakaman umum dan pemakaman Covid 19.

Lahan TPU Mangunjaya yang luas -+30 hektar kini mulai penuh dengan pemakaman umum dan pemakaman Covid 19, area pemakaman nya sudah mulai merambah ke perbatasan pemukiman, sedangkan lahan yang masih kosong belum layak untuk pemakaman karena belum ada pembenahan dari Dinas terkait.

Hasil dari pemantauan Wartawan Media Lintas Hukum, masih ada lahan kosong yang belum bisa dipergunakan karena belum ada pembenahan dan pengurukan lahan agar layak untuk pemakaman. Bahkan lahan pemakaman untuk jenazah Covid 19 yang disediakan -+10 hektar sudah mulai merambah ke tanah sawah yang belum diurug, sehingga jika musim hujan akan tergenang. Seperti yang diungkapkan oleh beberapa orang warga sekitar TPU.

“Tempat pemakaman khusus Covid 19 sudah turun ke bekas sawah, jadi kalau musim hujan dipastikan akan tergenang, karena lokasi tersebut memang tempat air tergenang di TPU” ujar seorang warga yang namanya minta dirahasiakan.

Warga perumahan Papan Lintas yang berada di wilayah RW 32, Desa Mangunjaya juga meminta agar ada pagar pembatas antara TPU dan rumah warga, hal ini juga sudah disampaikan kepada Wakil Ketua DPRD Kab. Bekasi dari PDIP, Soleman, SE. Saat berkunjung ke TPU Mangunjaya. Pada saat itu, Wakil Ketua DPRD Kab. Bekasi, Soleman, SE. Berjanji akan merealisasikan nya di Anggaran Biaya Tambahan (ABT) tahun 2021.

Masalah lahan pemakaman TPU Mangunjaya juga dikeluhkan warga Desa Mangunjaya, yang menjadi tempat TPU tapi agak sulit dimakamkan di Desa Mangunjaya, karena menunggu antrean panjang untuk pemakaman. Hal ini terjadi di salah satu warga mangunjaya di RW 21, disaat warganya ada yang meninggal dunia pada malam Minggu dan baru dimakamkan pada hari Seninnya.

“Kita warga Desa Mangunjaya yang menjadi lokasi TPU, tapi untuk pemakaman harus ngantri, warga yang dari luar, bahkan dari Jakarta bisa dimakamkan disini” ujar keluarga yang berduka.

Saat hal ini akan dikonfirmasi ke kordinator TPU, Milun, tidak ada ditempat, dan ini sering terjadi saat awak media akan mengkonfirmasi masalah TPU.

Sudah seharusnya Pemda Kabupaten Bekasi melalui Dinas pemakaman mengambil kebijakan mengenai TPU Mangunjaya yang dianggap saling tumpang tindih sehingga ada regulasi yang jelas

Redaksi