Jumat, Januari 21News That Matters

DINAS PERIKANAN KABUPATEN BANGKA MENGHARAPKAN NELAYAN BERGABUNG DI KELEMBAGAAN KUB

Sungailiat Bangka,28-12-2021 Media Lintas Hukum Online mewawancarai Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil yaitu Budiyanto yang juga di dampingi oleh staffnya Alfis.

Ditengah kesibukannya dalam beraktifitas kerja Budiyanto bersama Staffnya menyempatkan diri untuk di wawancarai Media Lintas Hukum Online diruang kerjanya sekilas tentang program kerja yang sudah dilaksanakan dan harapan yang akan ditujukan kepada nelayan.

Budiyanto menjelaskan di pengunjung tahun 2021 ini sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan khususnya kepada Masyarakat Nelayan kecil berupa Kartu KASUKA dan Asuransi nelayan.Pada tahun ini pelayanan Asuransi nelayan dilakukan secara mandiri karena belum ada program pemerintah untuk bantuan Asuransi gratis dari Pusat seperti tahun-tahun yang lalu.

Tahun ini juga ada bantuan dari DAK berupa Kapal dan perlengkapannya yang sudah dibagikan.

Selain itu ada juga bantuan berupa Jaring berupa mentahnya aja dari dana APBN Kementrian Kelautan dan Perikanan.Bantuan ini disalurkan kepada KUB yang telah terdaftar di Dinas Perikanan Kabupaten Bangka yang telah di bina oleh Penyuluh dan pendamping perikanan yang telah di tunjuk Dinas Perikanan di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka.Jumlah KUB di Kabupaten kurang lebih 400 KUB.Selain itu juga tahun ini 2021 ada batuan Sertifikasi Tanah nelayan sebanyak 50 nelayan,namun tahun ini baru tahap pendataan.

Mengakhiri pembicaraannya Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil Kabupaten Bangka Budiyanto mengharapkan supaya seluruh masyarakat nelayan Kabupaten Bangka agar dapat tergabung di suatu wadah kelembagaan yaitu Kelompok Usaha Nelayan ( KUB ) supaya Aktifitas keseharian sebagai dapat terpantau melalui suatu wadah tersebut,karena segala batuan baik dari Pemerintah maupun pihak lain lebih mudah untuk dipertanggungjawabkan serta didampingi oleh Penyuluh dan Pendamping Perikanan yang telah di tunjuk untuk bertugas demi kemakmuran dan kesejahteraan Masyarakat nelayan.Dengan adanya KUB keluhan serta aktifitas Nelayan sehari-hari mudah terpantau. ( Budi Triono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *