PUNCAK RITUAL TRADISI CENG BENG 2022 DI KECAMATAN PEMALI BANGKA

Pemali Bangka,05-04-2022 Media Lintas Hukum Online meliput berita pagi ini di salah satu perkuburan Umat Tionghoa yang lagi melaksanakan acara puncak ritual sembayang kubur yang sering disebut Ceng Beng di Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka.

Salah satu dari pengunjung dari luar Bangka yaitu Jakarta yang sedang melaksanakan ritual Ceng Beng yaitu Rudy ditemui Media Lintas Hukum Online mengatakan bahwa tradisi Cengbeng ini sudah kami laksanakan setiap tahunnya pada bulan April setiap tanggal 5. Tradisi ini adalah perwujudan masyarakat Tionghoa yang sangat mencintai dan menghormati leluhurnya.

Ritual Ceng Beng ini tradisi dan ritual yang sangat penting bagi masyarakat Tionghoa,yang diawali dengan membersihkan dan mempercantik kubur ,biasanya dilakukan 10 hari sebelum acara puncaknya yaitu tanggal 5 seperti pagi ini yang dilakukan keluarga besar kami di tempat perkuburan ini.

Kata Rudy melanjutkan penjelasannya tetang Ceng Beng,saat tradisi ini berlangsung banyak masyarakat Tionghoa yang merantau pulang kampung baik dari dalam maupun luar negeri ketempat asal mereka dulu tinggal serta bertemu sanak saudara keluarga untuk melaksanakan Ritual sembayang kubur bersama-sama.Kegiatan ini biasanya dilakukan dari dini hari hingga terbit fajar dengan meletakan sesajian dan melakukan ritual Sembayang.

Mengahiri pembicaraan Rudy mengatakan Ceng Beng ini adalah Salah satu Ritual mendoakan para leluhur Orang Tua dan kerabat saudara yang sudah mendahului Kita meninggalkan dunia fana ini.

( Budi Triono )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.