Selasa, Agustus 9

FORUM MASYARAKAT PESISIR BUKIT KUALA MENGELOLA WISATA PANTAI BATU BERAKIT

Sungailiat Bangka,03-07-2022 Media Lintas Hukum Online.Panorama Pantai yang indah yaitu Pantai Batu Berakit yang berlokasi di Lingkungan Buki Kuala Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat Bangka.

Pantai yang masih alami suasananya nyaman,ditumbuhi rumput ,pohon yang rindangdan juga pasir pantai yang putih.Di tepi pantai Batu berakit juga ada beberapa perahu nelayan yang berlabuh untuk mencari ikan di laut.Perahu tersebut juga bisa disewa untuk mengantar pengunjung memancing ikan di laut.

Pantai Batu Berakit yang indah tersebut adalah ladang Pariwisata Pantai buat di kelola semasa belum di pakai pemilik lahan. Hasil data yang didapat bersumber dari RT 01 Hendri , sebelum di manfaat yang punya lahan sejak akhir pengujung tahun2018 dikelola oleh forum yang di bimbing langsung oleh Kaling dan RT Lingkungan Bukit Kuala yang menjabat pada saat itu dan Forum POKMASWAS Kabupaten Bangka yang Ketuanya adalah Ahmad Khairudin.Forum tersebut atas kesepakatan bersama dinamai Forum Masyarakat Pesisir Bukit Kuala. Forum tersebut sekarang di Ketuai oleh Miwali alias Lili yang juga sebagai anggota Pokmaswas Batu Bukit Kuala yang dibina oleh KKP Pusat Jakarta.

Saat ditemui di lokasi Pantai Batu Berakit oleh Media Lintas Hukum Online,Ketua Forum Minwali mengatakan bahwa Pantai Batu Berakit ini Kami Kelola sejak tahun 2018 dipengujung tahun.Kami membentuk Forum untuk memperkuat badan hukum sebagai wadah yang kuat dan resmi untuk mengelolah potensi wisata Pantai yang ada di Lingkungan Kami.Perlahan-lahan Forum Masyarakat Pesisir Bukit Kuala yang sudah menyusun Program kerja dan sudah ada AD/ART yang di sepakiti bersama terus berjuang dengan uang Kas yang Pas-pasan beranggotakan pada saat itu 12 orang.Kami berusaha terus setelah bersih lahan dan tertata rapi bergotong royang mendirikan beberapa saung untuk pengunjung berbekalkan kayu gesekan sinso dan daun nipah untuk atap. Alhamdullilah dalam tiga minggu berdirilah 3 saung ukuran 2×3 meter. Berkat kerja keras kawan-kawan Anggota Forom Pantai Batu Berakit mulai di kenal Masyarakat Bangka khususnya dan umumnya Masyarakat dalam maupun luar Babel.

Masih kata Minwali melanjutkan pembicaraan,Bahwa banyak halangan dan rintangan yang terjadinn selama mengelolah pantai ini,namun sampai sekarang Saya dan beberapa anggota Forum yang masih ada tetap bertahan mengelolah Pantai ini.Semenjak wabah Covid 19 melanda Babel Pengunjung Pantai mulai tidak ada selama 2 tahun sepi tetapi tetap kami jaga sampai Wabah tersebut mulai melemah dan berada di zona yang aman.Pantai Batu Berakit juga sering di pergunakan untuk acara perkemahan seperti group vespa,Pramuka,acara Mahasiswa,PMI,Paskibraka dan lain-lain.

Alhamdullilah setelah wabah Covid 19 merendah pengunjung mulai ramai berwisata ke Pantai Batu Berakit.

Mengakhiri pembicaraanya Ketua Forum Masyarakat Pesisir Bukit Kuala mengatakan untuk masuk Pantai Kami hanya minta uang kebersihan buat motor dan mobil yang masuk buat dana operasional Forum.Dana yang terkumpul Kami gunakan untuk uang lelah anggota,Kas Forum dan juga di berikan ke kas Lingkungan.

Saya sebagai ketua Forum dan anggota yang masih aktif berharap kiranya kepada Pemerintah Daerah agar dapat mengaspal jalan perumahan masyarakat dan Pantai agar dapat terealisasi pengaspalannya di tahun ini sehingga bisa tercapainya Wisata pantai yang baik dan ramai untuk menuju Masyarakat yang makmur dan sejahtera,karena juga bisa memajukan UMKM Kuliner di masyarakat dan untuk nantinya Kepada Kepala Lingkungan yang terpilih bulan ini kedepannya bisa mendukung program wisata Pantai Forum Masyarakat Pesisir Bukit Kuala.

( Budi Triono )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.